Kategori
Makanan & minuman

7 Roti Gandum Terbaik Untuk Diet, Sarapan dan Camilan

roti gandum terbaik untuk diet

Anda suka sarapan pagi dengan roti tawar yang dilapisi selai atau madu asli? atau roti gandum tawar tanpa gula untuk program diet sehat?, dan meskipun sama-sama mengenyangkan dan sama-sama jenis roti yang mengandung karbohidrat, antara keduanya memiliki manfaat untuk yang berbeda untuk kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsi nya.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, meskipun menyantap sarapan pagi yang berupa roti bukanlah kebiasaan asli yang berasal dari Indonesia, tapi sudah sejak dulu kebiasaan ini sudah banyak yang melakukannya terutama untuk yang tinggal di daerah perkotaan yang ada supermarket nya, karena di desa memang masih sulit ditemukan di kala itu.

Namun untuk saat ini, seiring semakin merata nya pembangunan yang merambah hingga ke wilayah pedesaan, roti dan hampir semua jenis makanan yang ada dan di jual di kota besar, bisa di temukan dengan mudah di desa juga, terutama sejak semakin banyaknya bermunculan mini market seperti gerai Indomaret dan Alfamart.

Roti Gandum VS Roti Tawar Putih Biasa

perbedaan Roti Gandum VS Roti Tawar Putih Biasa

Bagusan mana antara roti gandum dengan roti tawar putih biasa? jawabannya tentu saja lebih baik roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh yang masih mengandung berbagai nutrisi dan kebaikan yang ada pada gandum.

Roti gandum utuh (whole wheat bread) yang asli, yang benar-benar terbuat dari sari tepung biji gandum utuh, kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti  protein, antioksidan, mineral termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.

Seperti yang BicaraProduk kutip dari situs AloDokter.com dalam sebuah tulisan artikel yang sudah ditinjau oleh dokter dengan judul “Alasan Mengkonsumsi Roti Gandum dan Tips Memilih nya“, ternyata roti yang memiliki ciri khas berwarna cokelat ini selain bisa dijadikan sumber karbohidrat yang baik juga mengandung berbagai nutrisi yang cocok apabila dijadikan sebagai menu sarapan pagi.

Perbedaan Roti Gandum dengan Roti Tawar Biasa Apa?

Pada awalnya, sebenarnya dari kedua jenis ini masih sama-sama terbuat dari bahan dasar atau sumber yang sama, yakni biji gandum. Hanya saja kemudian terjadi perbedaan pada proses pemilihan, ada bagian yang terus diikutsertakan, dan ada juga bagian-bagian yang disaring, atau dibuang atau dibersihkan.

Pada roti gandum, terbuat dari biji gandum utuh sehingga menghasilan roti dengan tekstur yang agak kasar, dengan warna yang kecokelatan, karena mengandung dedak, endosperma, dan juga benih. S

Sedangkan pada roti tawar putih pada proses pembuatan nya justru malah membuang bagian dari dedak dan juga benih biji gandung tersebut, sehingga berbagai jenis enzim dan nutrisi penting yang terkandung di dalamnya pun ikut hilang, meskipun jika dilihat dari sisi penampilan terlihat lebih putih dan bersih.

Manfaat Roti Gandum Untuk Kesehatan

manfaat roti gandum untuk kesehatan
  • Sebagai sumber karbohidrat yang baik yang cocok apabila di jadikan sebagai menu sarapan di pagi hari.
  • Mengandung protein dan juga antioksidan, berbagai jenis mineral penting termasuk zat besi, magnesium, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc, serta vitamin B, folat, vitamin E, dan vitamin K.
  • Baik untuk kesehatan jantung dan juga tidak membuat badan gemuk karena tidak mengandung lemak dalam dosis tinggi, dan juga bebas kolesterol.
  • Roti jenis ini juga disebut-sebut mengandung senyawa alami yang dapat melawan perkembangan sel-sel kanker.

Dan juga sudah banyak hasil studi yang diungkapkan bahwa ketika seseorang mengkonsumsi roti ini secara rutin dan teratur,dan tidak berlebihan, akan dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan seperti dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan, karena dapat melancarkan gerakan usus dan mendorong produksi bakteri baik di dalam usus.

Serta sudah ada juga penelitian meskipun masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, roti jenis ini dapat juga membantu tubuh menurunkan risiko terserang penyakit diabetes tipe 2, obesitas atau kegemukan, dan penyakit jantung.

Tips Memilih Roti Gandum Yang Berkualitas Baik

Setelah anda tahu beragam manfaat yang terkandung dalam roti jenis ini, selanjutnya anda juga harus mengerti tentang cara memilih yang benar-benar berkualitas baik agar tidak tertipu.

  • Perhatikan merk, memilih merk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan juga sudah bersertifikat Halal MUI, tentu jauh lebih aman, meskipun terkadang di banderol dengan harga yang lebih mahal.
  • Salah satu ciri pada roti jenis ini adalah memiliki warna kecokelatan, memang iya, tapi bisa saja roti tawar putih biasa yang kemudian diberi tambahan zat pewarna makanan warna cokelat.
  • Perhatikan dengan teliti expiry date atau label tanggal kadaluwarsa yang terdapat pada kemasan nya.
  • Perhatikan juga apabila ada produk yang ber label “rendah kalori” atau “untuk diet“, bisa jadi, produk ini memiliki ukuran yang lebih kecil dengan takaran asupan kalori yang kecil.

Cara Membuat Roti Gandum

Untuk anda yang pengin mencoba untuk membuat roti gandum sendiri juga bisa dengan menonton video tutorial dari channel YouTube Nikmatul Rosidah berikut ini:

Resep membuat roti gandum yang sehat yang terbuat dari 100 persen tepung gandum yang sehat untuk di konsumsi dan cocok untuk diet.

7 Rekomendasi Merk Roti Gandum Yang Bagus

Namun bagi anda yang sibuk karena memiliki banyak pekerjaan, atau karena tidak mau repot dan ingin yang serba mudah, anda bisa membeli beberapa rekomendasi roti gandum terbaik berikut ini.

1. Roti Gandum Sari Roti

Roti Gandum Sari Roti untuk diet

Roti gandum tawar yang cocok untuk diet

Merk Sari Roti ini sudah sangat populer di Indonesia sejak bertahun-tahun yang lalu, dan bahkan hingga saat ini proses pendistribusian nya sudah mencapai hingga ke desa-desa terpencil menggunakan kendaraan roda 2 dengan tetap tidak meninggalkan suara musik melodi khasnya yang disukai anak-anak.

Roti yang pada label kemasan nya ini bertuliskan Rotinya Indonesia, terbuat dari gandum utuh sehingga kaya akan kandungan serat yang baik untuk membantu saluran pencernaan tetap sehat.

Roti ini dapat anda beli seharga Rp 18.000 dan banyak di buru oleh orang-orang yang memang sedang dalam rangka diet yang membatasi asupan kalori mereka terutama ketika sarapan di pagi hari.

2. Sari Roti Sandwich Gandum Tuna Mayo

Sari Roti Sandwich Gandum Tuna Mayo

Kemasan praktis untuk menu sarapan atau camilan

Jenis roti isi atau sandwich yang sudah diproduksi oleh merk Sari Roti untuk saat ini ada 2 varian yakni Sandwich Gandum Tuna Mayo, dan Sandwich Gandum Kacang.

Kelebihan dari roti dengan kemasan seperti ini tentu saja sangat praktis dan mudah di bawa-bawa dan dimasukkan kedalam tas. Cocok dijadikan camilan dan dibawa ke tempat kerja, sekolah atau kuliah.

3. Roti Tawar Gandum Garmelia

Roti Tawar Gandum Garmelia

Mudah di beli di Indomaret dan Alfamart

Garmelia Bakery menjadi salah satu merk roti tawar yang bisa dikatakan pesaing terdekat merk Sari Roti. Merk ini tidak hanya memproduksi roti tawar saja melainkan berbagai jenis lainnya seperti roti manis, cake dan cookies, dan ada juga jenis healthy bread yang dibuat menggunakan perpaduan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan.

Roti ini di banderol dengan harga mulai dari Rp 18.000 dan sama-sama seperti merk Sari Roti yang bisa dengan mudah di dapatkan di mini market populer seperti gerai Indomaret dan Alfamart.

4. BreadLife Whole Wheat

BreadLife Whole Wheat

Sudah berserfikat Halal MUI

Rekomendasi merk roti gandum terbaik selanjutnya adalah BreadLife Whole Wheat Toast yang cocok apabila dijadikan sarapan sebagai sumber energi dan juga kalsium di pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau tempat kerja, atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan seperti kota Jakarta, Bandung, Surabaya, atau yang lainnya, bisa dengan mudah mendapatkan roti ini dengan harga sekitar Rp 19.500.

5. Swanish Roti Gandum Tawar

Swanish bread whole wheat
gambar roti gandum: happyfresh.id

Pada salah satu situs yang memberikan informasi seputar diet fatsecret.co.id, pada 2 lembar roti tawar gandum (berat 75 g) merk Swanish ini terdapat 210 kalori. Atau jika di rincikan pada jumlah kalori tersebut adalah: 17% lemak, 69% karbohidrat, dan 13% protein.

Dari kebanyakan merk yang diatas, roti tawar merk Swanish ini dibanderol dengan harga yang dibawah lebih murah yakni hanya sekitar Rp 17.000 saja dengan ukuran yang memang lebih kecil.

6. Mr Bread Tawar Gandum

Mr Bread Multiseed

Komposisi: Tepung Terigu, Air, Es Kulit Gandum, Gula (mengandung pengawet sulfit), Lemak Hewani (Sapi), Susu Lemak Nabati, Kecap, Ragi, dan Garam.

Selain Garmelia Bakery, roti tawar Mr Bread juga banyak tersedia di gerai Indomaret, terlebih lagi saat ini sudah ada toko online resmi klikindomaret.com yang membuat aktivitas belanja menjadi serba online dan mudah untuk dilakukan.

Namun apabila melihat pada daftar komposisi atau bahan-bahan yang digunakan untuk membuat roti tawar ini, roti ini tidak dibuat hanya menggunakan tepung gandum utuh saja, melainkan dengan tepung terigu.

Untuk jenis pengawet makanan yang digunakan adalah pengawet sulfit. Dan dikarenakan tidak 100 persen terbuat dari tepung biji utuh, roti tawar jenis ini kurang cocok untuk anda yang memang sedang menjalankan program diet.

7. MYROTI Funwari Gandum Tawar

MYROTI Funwari produsen jepang

Produsen penghasil roti no.1 di Jepang
Brand MYROTI ini di pegang oleh sebuah perusahaan asal negara Jepang yang bernama Yamazaki Baking, yang cukup dikenal sebagai penghasil roti ternama di negara tersebut.

Salah satu varian yang akhirnya diproduksi untuk target pasar masyarakat Indonesia adalah MYROTI Funwari Gandum Tawar 8s ini, yang juga sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Harga roti gandum tawar merk MYROTI ini dibanderol di kisaran harga 15 ribuan dan dapat di beli di Alfamart, atau di toko online resmi alfacart.com.

Baca juga rekomendasi:

Oven Roti Besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *