Rasa Bekatul Seperti Apa? Pahit atau Manis?

rasa bekatul pahit atau manis

Apakah bekatul itu? dan bagaimanakah sebenarnya rasa bekatul ketika dibuat minuman dan diminum? ternyata rasanya tidaklah sehebat manfaatnya, dan kesan pertama ketika meminumnya adalah terasa pahit dan juga kasar ditenggorokan.

Bekatul adalah sejenis tepung yang berasal dari lapisan pelindung beras (beras putih atau beras merah) yang ketiga yang ada dibagian endosperma pada padi, setelah lapisan pertama terkelupas yakni sekam kulit yang keras dan tajam, kemudian dedak dan baru kemudian bekatul.

Antara dedak dan bekatul ini secara fisik akan terlihat hampir serupa meskipun memiliki perbedaan antara tingkat kekasaran dan kehalusannya, serta aroma atau bau yang dimilikinya.

Dan yang paling penting antara perbedaan keduanya adalah nutrisi serta manfaat yang terkandung didalamnya.

Baru-baru ini kami mencoba untuk membeli bekatul di salah satu toko online populer dan kemudian mecoba untuk meminumnya.

Seperti Apa Rasa Bekatul Itu? Manis atau Pahit?

Dalam contoh kasus ini kami menggunakan produk bekatul dengan merk yang sudah cukup terkenal dan juga berkualitas terbaik serta terbuat dari jenis beras organik.

Dan setelah menyeduhnya sesuai dengan takaran saji yang disarankan yang tertulis di kemasan yakni dengan ukuran 2 sendok makan dicampur dengan air panas kurang lebih 200 ml.

Setelah mulai dingin, kamipun mencoba untuk mencicipinya, dan ternyata rasa dari bekatul tersebut adalah sedikit pahit.

Kemudian untuk mensiasatinya yang juga disarankan juga untuk menambahkan gula atau madu, maka kamipun menambahkan satu sendok makan madu murni kedalam minuman bekatul tersebut dan mengaduknya.

Dan ternyata, setelah kami coba untuk langsung meminumnya dari gelas, meskipun rasa pahit sudah berkurang menjadi agak manis, ternyata kami merasakan sensasi kasar di tenggorokan ketika sedang menelannya.

Terlepas dari berbagai kebaikan dan manfaat positif dari bekatul, ternyata rasanya tidaklah sehebat seperti manfaatnya.

Apakah Semua Merk Bekatul Itu Kasar dan Pahit?

Kami tidak tahu karena kami juga hanya baru mencoba 1 merk saja. Akan tetapi, merk yang kami coba sebenarnya merupakan merk produk bekatul yang sudah cukup lama ada di Indonesia.

Dan sensasi kasar yang kami maksud tentu tidaklah sekasar dedak yang selama ini digunakan sebagai pakan ternak dan unggas. Karena ketika diraba, tepung bekatul ini terasa halus ditangan.

Oleh karena itu, kami beranggapan bahwa sebaik-baik kualitas bekatul pasti akan menimbulkan sedikit sensasi kasar di tenggorokan ketika sedang diminum.

  • Kesimpulan:
  • Sensasi kasar dan rasa bekatul yang agak pahit bisa jadi masih tergolong relatif dan akan berbeda-beda penilaian rasanya pada masing-masing orang.

Manfaat Bekatul Bagi Kesehatan

Diluar rasa bekatul yang masih tergolong relatif tersebut, bekatul memiliki berbagai manfaat bagi tubuh manusia, dan hal tersebut karena kandungan berbagai jenis nutrisi yang ada di dalamnya.

Seperti yang kami kutip dari situs HelloSehat, berikut beberapa manfaat dari kandungan nutrisi penting yang terdapat pada bekatul:

  • Bekatul kaya akan zat antioksidan
  • Bekatul dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Bekatul dapat mencegah serangan kanker

Oleh karena berbagai manfaat bekatul seperti diatas itulah, banyak yang mengkonsumsi bekatul sebagai untuk minuman untuk menurunkan berat badan atau diet dan juga obat penyakit secara alami.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *