Kategori
Berkebun

7 Pupuk Organik Terbaik Jenis Cair dan Padat

pupuk organik terbaik cair padat

Untuk anda yang hobi menanam tanaman hias bunga-bunga cantik maupun tananan sayur dan buah baik skala rumahan maupun skala besar, tentu anda akan membutuhkan pupuk organik maupun yang anorganik (kimia sintetis) agar tanaman anda tersebut dapat tumbuh dengan subur dan dapat berbunga serta berbuah dengan baik.

Secara garis besarnya saat ini ada 2 jenis pupuk yakni pupuk organik yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sampah dedaunan dan kotoran hewan ternak, dan pupuk kimia sintetis yang dibuat dari zat kimia buatan.

Bagi para petani yang memiliki lahan atau ladang yang luas kebanyakan masih senang menggunakan pupuk kimia dikarenakan cara penggunaannya yang praktis dan juga hasil yang lebih cepat terlihat.

Berbeda dengan pupuk organik yang tergolong lebih memerlukan waktu yang lama setelah diaplikasikan ke tanaman. Namun jika dinilai manfaatnya untuk jangka panjang, maka pupuk organik akan menjadi pemenangnya.

Manfaat pupuk organik

Berikut ini beberapa manfaat dari pengunaan pupuk organik yang kami kutip dari situs dekoruma.com.

  • Dapat menyuburkan tanah dalam waktu yang panjang.
  • Lebih ramah lingkungan.
  • Nutrisi tanaman bisa terlengkapi.
  • Meningkatkan daya simpan air.
  • Mampu meningkatkan aktivitas biologi di dalam tanah.
  • Mampu meningkatkan interaksi antar ion yang ada didalam tanah.

Adakah bahaya pupuk organik untuk kesehatan manusia?

Pupuk organik aman untuk manusia karena tidak meninggalkan residu dan sisa-sisa zat kimia yang bisa beracun dalam tanaman dan buah karena sifatnya yang mudah terurai.

Namun perlu diingat juga bahwa penggunaan pupuk organik yang belum matang dapat membunuh atau mengakibatkan tanaman menjadi mati terutama untuk jenis pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan ternak yang masih memiliki sifat panas karena belum terfermentasi oleh mikroorganisme.

Bahaya pupuk kimia sintetis

Mengutip dari laman situs paktanidigital.com, berikut beberapa efek samping dan bahaya yang bisa diakibatkan dari penggunaan pupuk kimia sintetis.

  • Merusak tanah dan mengganggu keseimbangan unsur hara.
  • Membunuh organisme dan mikroorganisme yang ada didalam tanah.
  • Menghambat pembusukan bahan organik.
  • Menghambat penyerapan zat hara oleh akar.
  • Mempengaruhi hasil panen karena semakin lama digunakan akan terus mengurangi kesuburan tanah sehingga dosis harus terus ditambah.

7 Pupuk Organik Terbaik Jenis Cair dan Padat

Beberapa jenis pupuk berikut ini dapat dibuat sendiri dirumah atau dibeli di toko pertanian dan dapat digunakan untuk petani kecil skala rumahan maupun petani besar yang memiliki lahan luas.

1. POC NASA Pupuk Cair

poc nasa pupuk cair alami
poc nasa

POC merupakan singkatan dari pupuk organik cair yang berarti bahwa pupuk merk NASA ini adalah berbentuk cair.

Terbuat dari kombinasi berbagai bahan-bahan organik alami sehingga menghasilkan berbagai zat atau unsur-unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman seperti Nitrogen, Kalium, Fosfor, dan lain-lain.

Tersedia dalam kemasan ukuran setengah dan 1 liter dimana 1 liter pupuk cair ini memiliki nutrisi tanaman yang setara dengan 1 ton pupuk kandang kotoran hewan.

Harga dipasaran dibanderol mulai dari 30 ribuan.

2. BioSrims Dekomposer Pupuk Hayati

bio srims hormon tumbuh alami
pupuk hormon ZPT tumbuh bio srims

Pupuk Bio Srims cair terbuat dari bahan baku kulit kopi, jerami padi dan kotoran sapi yang menghasilkan kandungan nutrisi yang baik untuk tanaman.

Mengandung juga beberapa mikroba baik seperti Azobacter, Bacillus, Lactobacillus, dan lain-lain serta secara alami mengandung hormon tumbuh tanaman jenis Auxin, Giberelin, Zeatin dan Kinetin.

Harga dipasaran untuk kemasan jerigen 1 liter dibanderol dengan harga termurah mulai 30 ribuan.

3. Vedagro Pupuk Padat Pemacu Pembungaan dan Pembuahan

vedagro pupuk bunga dan buah
pupuk pembungaan dan pembuahan

Pupuk ini merupakan pupuk padat yang berbentuk butiran yang lebih ditujukan dan memiliki fungsi untuk pembungaan dan pembuahan.

Cocok digunakan untuk petani rumahan yang menggunakan pot atau polibag dengan dosis aturan pemakaian mulai 1 sendok teh untuk pot kecil yang diberikan setiap 3 sampai 4 minggu sekali.

Untuk kemasan toples berukuran 900 g, pupuk ini dapat anda beli dengan harga mulai 40 ribuan.

Baca juga:

Semprotan Tanaman Terbaik Model Pompa.

Bibit Sayur dan Buah Terbaik Beli Online.

4. Power Nutrition Khusus Tanaman Buah

power nutrition pupuk buah
power nutrition nasa

Pupuk ini masih diproduksi oleh NASA yang dikhususkan untuk tanaman buah yang apabila diaplikasikan dapat mengurangi penggunaan pupuk NPK hingga lebih dari 75-90%.

Proses pemupukan menggunakan Power Nutrition ini dapat dilakukan 2 sampai 4 bulan sekali dengan frekuensi penyiraman yang lebih dibesarkan pasca pemupukan.

Harga dipasaran dibanderol mulai dari 50 ribuan untuk kemasan 250 gram.

5. Pupuk Organik Kascing (Kotoran Cacing)

pupuk kascing kotoran cacing
pupuk kascing gambar dari Shopee.co.id

Pupuk Kascing adalah pupuk organik yang terbuat hasil dari kotoran hewan yang difermentasikan oleh cacing secara alami sehingga menghasilkan pupuk yang kaya akan unsur hara tanaman seperti Nitrogen, Kalium, Kalsium dan lain-lain.

Dipasaran, pupuk kascing tersedia dalam bentuk padat butiran halus dan juga jenis cair yang apabila digunakan dapat menyuburkan tanah dan tanaman bukan hanya untuk jangka pendek saja.

6. Pupuk Kalsium Organik Cangkang Telur

pupuk kalsium cangkang telur
pupuk cangkang telur gambar dari Shopee.co.id

Cangkang telur mengandung banyak unsur hara makro kalsium yang sangat diperlukan oleh tanaman.

Selain sebagai salah satu penunjang menghasilkan kualitas yang baik, pupuk kalsium dapat merangsang titik tumbuh pucuk daun baru dan juga memperkuat ketahanan terhadap serang hama.

Pupuk ini dapat dibeli secara online dibeberapa marketplace populer seperti Shopee atau bisa juga membuatnya sendiri dirumah dengan memanfaatkan limbah rumah tangga.

Cara pembuatan pupuk cangkang telur dapat dilakukan dengan cara dijemur atau disangrai hingga kering, kemudian di tumbuk sampai halus atau bisa juga dihaluskan menggunakan blender.

Dosis penggunaannya adalah 1 sendok teh per tanaman baik pada tanaman yang ditanam di media tanah langsung maupun didalam pot atau polybag.

Kekurangan dari pupuk cangkang telur adalah memerlukan waktu yang cukup lama setelah diaplikasikan untuk tanaman sehingga penggunaannya bisa diberikan sejak tanaman masih dalam kondisi kecil.

Atau bisa juga cangkang telur dibuat menjadi pupuk cair agar lebih mudah diserap tanaman dengan cara merendamnya menggunakan cuka terlebih dahulu.

7. Pupuk Cair Cucian Beras

air leri cucian beras
pupuk leri cucian beras gambar dari Kompasiana

Pupuk cair ini juga sering dinamakan sebagai POC air leri cucian beras karena bahan yang digunakan untuk membuatnya memang berasal dari air leri cucian beras yang merupakan limbah rumah tangga yang hampir setiap ada di Indonesia.

Kandungan unsur hara tertinggi yang dimiliki oleh pupuk ini adalah kalium yang dapat mensupport pembungaan dan pembuahan sehingga dapat membantu menjaga bunga tidak gugur sehingga menghasilkan buah yang lebih banyak.

Pupuk cucian beras ini cocok digunakan untuk tanaman cabe, tomat, terong dan lain-lain yang biasa ditanaman oleh para petani skala rumahan.

Cara pembuatan pupuk air cucian beras

Bahan yang digunakan adalah air cucian beras, mikroorganisme EM4, tetes tebu (molase)/gula merah/gula pasir.

Kemudian bahan-bahan tersebut dicampur dan dibiarkan 2-3 minggu hingga proses fermentasi berhasil dan pupuk siap digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *