8 Merk Minyak Zaitun Terbaik Kualitas Terpercaya

merk minyak zaitun terbaik

Apakah merk minyak zaitun terbaik yang bisa untuk diminum sebagai obat atau nutrisi suplemen dan juga baik untuk memasak? Jangan salah pilih lagi ya, karena ternyata yang dijual dipasaran itu berkelas-kelas kadar kualitasnya loh.

Awalnya kami juga mengira bahwa label Extra Virgin Olive Oil untuk produk minyak zaitun hanya sekedar nama lain dari bahasa inggrisnya saja, ternyata hal tersebut mengandung maksud yang mendeskripsikan kualitas dari produk itu sendiri.

Seperti pada VCO (virgin coconut oil) dengan minyak kelapa, meskipun bahan yang dipakai untuk membuatnya sama-sama dari buah kelapa, tapi nama dan juga kualitasnya berbeda, dan hal tersebut dikarenakan proses pembuatannya.

Jika VCO dibuat dengan metode cold pressed yang tanpa pemanasan sama sekali sehingga membuat kandungan zat-zat pentingnya tetap terjaga, sedangkan minyak kelapa murni biasa, dibuat dengan metode yang dipanaskan yang mengakibatkan banyaknya kandungan zat atau nutrisi pentingnya hilang.

Jenis-jenis Tingkatan Kualitas Minyak Zaitun

Meskipun sebenarnya minyak ini terbagi-bagi menjadi beberapa jenis berdasarkan proses pembuatannya seperti Extra Virgin untuk hasil perasan pertama, Virgin, Pure, Extracted and Refined, dan Pomace, tapi pada kesempatan kali ini kami hanya ingin memfokuskan untuk 2 jenis saja yang memang yang saat ini paling banyak beredar dipasaran.

  • Extra virgin (mengandung antioksidan/polifenol tinggi)

Produk minyak ini dihasilkan dari buah zaitun segar yang memiliki kualitas paling baik sehingga menghasilkan minyak dengan tingkat keasaman alami kurang dari 1%.

Minya zaitun yang di labeli Extra Virgin memiliki ciri khas warna yang lebih lebih hijau dengan aroma yang kuat serta rasa yang tergolong paling keras ditenggorokan.

Minya zaitun jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dan baik untuk diminum langsung sebagai obat maupun sekedar nutrisi suplemen, dan juga cocok juga apabila digunakan sebagai campuran aneka menu makanan sehat yang alami seperti salad.

  • Pure (mengandung antioksidan/polifenol rendah, dan bahkan akan hilang ketika sudah dipanaskan untuk memasak)

Minyak jenis ini dibuat dengan cara dipanaskan seperti misalnya menggunakan alat pemanas yang menghasilkan uap.

Dan karena proses pembuatan yang menggunakan sistem pemanas ini, kualitas hasilnyapun lebih rendah dengan tingkat keasaman 3-4%.

Tipe produk jenis ini memiliki harga lebih murah dan tidak boleh untuk diminum langsung dan hanya cocok untuk kebutuhan memasak saja.

Tapi meskipun memasak menggunakan produk kualitas rendah, tetap saja akan jauh lebih baik dan juga lebih sehat jika dibandingkan dengan minyak goreng sawit biasa.

Untuk jenis minyak zaitun murni ini juga banyak dipergunakan untuk kebutuhan industri perusahaan kosmetik dan kecantikan untuk perawatan kulit wajah. Sepeti yang diproduk untuk kecantikan oleh perusahaan Mustika Ratu.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Secara umum minyak zaitun berguna dan bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan dan juga, untuk pengobatan dan pecegahan terhadap penyakit dalam maupun penyakit luar.

Dan mengutip artikel yang juga sudah di review oleh dokter di situs HelloSehat, berikut 18 manfaat yang bisa didapatkan dari minyak zaitun:

  1. Memelihara kesehatan jantung
  2. Menekan resiko penyakit Alzheimer
  3. Memerangi pankreatitis akut
  4. Menjaga kesehatan hati
  5. Melindungi dari peradangan usus kronis
  6. Memperbaiki rambut bercabang
  7. Mengurangi ketombe
  8. Menguatkan dan mengembalikan kilau alami rambut
  9. Menurunkan resiko depresi
  10. Menurunkan resiko penyakit kanker payudara
  11. Menjaga berat badan ideal
  12. Menekan resiko diabeter tipe 2
  13. Mengobati rematik
  14. Merbersihkan usus
  15. Mencegah osteoporosis
  16. Mengatasi kulit bermasalah
  17. Untuk scrub kulit wajah
  18. Pembersih riasan wajah

Tips Memilih Merk Minyak Zaitun Terbaik Yang Berkualitas

Pilihlah minyak zaitun dari merk yang terpercaya dengan label yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan anda.

Jika ingin membeli yang bisa untuk di minum, maka belialh yang berlabel extra virgin olive oil, dan jika hanya sekedar untuk memasak di dapur, maka belilah yang berlabel biasa.

Mengapa minyak zaitun Extra Virgin  tidak boleh digunakan untuk memasak?

Bukan tidak boleh, akan tetapi tidak efektif dan tergolong sia-sia. Hal tersebut dikarenakan pada yang jenis atau berlabel Extra Virgin mengandung zat antioksidan dengan kadar tinggi yang jika dipanaskan pada suhu panas memasak akan rusak.

8 Merk Minyak Zaitun Terbaik Untuk Diminum Dan Memasak

Beli online berbagai merk minyak zaitun terbaik harga murah yang di import dari negara Spanyol dan Timur Tengah seperti Palestina dan Turki untuk masker kecantinkan dan di minum untuk kesehatan dan obat berbagai penyakit

1. Bertolli Extra Virgin Olive Oil

bertolli extra virgin olive oil

Merk Bertolli merupakan sebuah produk yang di import langsung dari Italia (Italy) yang sudah terpercaya sejak lama oleh pengguna minyak zaitun.

Karena jenis ini merupakan Extra Virgin, sehingga bisa untuk di minum dan juga untuk oles, campuran masker wajah dengan ditambah madu, dan lain-lain.

Tersedia dalam beberapa ukuran kemasan yakni 250 ml, 500 ml, dan 1000 ml (1 liter). Dan untuk ukuran yang paling kecil biasanya di beli oleh orang yang menggunakannya suntuk masker wajah pada malam hari.

2. Bertolli Extra Light dan Classico Untuk Memasak

minyak zaitun untuk memasak

Kedua dari jenis ini masih sama-sama ber-merk Bertolli hanya saja dengan kualitas dibawahnya yang diperuntukan untuk memenuhi kebutahan memasak di dapur anda.

Bisa dipergunakan untuk menumis aneka bumbu-bumbu masakan, dan juga untuk menggoreng dengan suhu panas yang tinggi.

Minyak ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan minyak goreng sawit biasa dan sangat cocok untuk anda yang menginginkan hidup lebih sehat dan alami jauh dari kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Borges Extra Virgin Olive Oil Import Dari Spanyol

borges extra virgin import spanyol

Minyak zaitun yang juga tersedia dalam beberapa ukuran kemasan ini juga merupakan jenis yang bisa untuk di minum langsung karena memang Extra Virgin.

4. Rafael Sagaldo (RS) Extra Virgin Olive Oil

rafael sagaldo rs minyak zaitun murni

Produk ini juga merupakan produk import dari Spanyol yang dikemas dalam botol kaca dengan berbagai ukuran dengan bentuk bergagang yang unik.

5. Al Amir Extra Virgin Olive Oil (merk minyak zaitun terbaik di Indonesia)

al amir extra virgin olive oil

Merk ini belum terlalu populer namun untuk kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, dan kebetulan kami juga sudah mecobanya langsung.

Memiliki warna hijau yang agak pekat, dan setelah di cicipi terasa pahit dan agak terasa keras di tenggorokan.

Merupakan produk asal Spanyol yang di import langsung oleh PT. Mitra Bersaudara yang berlokasi di daerah Cawang Jakarta Timur.

Produk merk Al Amir ini sudah dilengkapi dengan izin edar dari BPOM RI dan tertulis jelas pada stiker kemasan botol kaca di produknya.

6. Ariha, Merk Minyak Zaitun Terbaik Palestina

minyak zaitun palestina terbaik

Diproduksi dari buah zaitun hasil perkebunan organik di negara Palestina yang sudah terkenal lebih memiliki khasiat dan manfaat yang lebih baik jika dibandingkan dengan perkebunan di tempat lain.

Namun, menurut pantauan kami, harga minyak zaitun Palestina dibanderol jauh lebih mahal dengan selisih harga hingga 100% lebih.

Jika minyak zaitun asal Spanyol untuk ukuran 250 ml dibanderol sekitar 50 ribuan, maka untuk produk yang di import dari Palestina dibanderol hingga  100 ribu lebih.

7. Minyak Zaitun Bayi Casa Di Oliva

Merupakan minyak zaitun untuk bayi dan anak-anak yang di import dari negara Turki.

Selain diminumkan untuk bayi dan anak-anak sebagai nutrisi untuk mendukung perkembangan bayi, minyak zaitun Casa Di Oliva ini bisa dipergunakan untuk pijat bayi, serta mengatasi ketombe, kerak di kulit kepada bayi, dan juga ruam popok.

8. Minyak Zaitun Kecantikan Mustika Ratu

minyak zaitun mustika ratu untuk kecantikan

Minyak zaitun jenis ini sama sekali tidak boleh untuk diminum dan hanya dipergunakan untuk perawatan rambut, wajah dan kulit, serta untuk pijat pada bagian tubuh lainnya.

Hal tersebut karena sudah adanya penambahan bahan-bahan non alami lainnya seperti parfum aroma bunga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *