Kategori
Makanan & minuman

5 Mie Instan Organik Yang Enak dan Juga Sehat

merk mie instan organik terbaik

Siapa yang suka makan mie instan? pasti jawaban dari pertanyaan tersebut adalah semua orang pasti suka dari mulai anak kecil sampai orang dewasa. Tapi sudahkah kalian mencoba mie instan organik? nah kalau untuk pertanyaan yang lebih spesifik seperti ini kebanyakan jawabannya pasti belum.

Dipasaran saat ini sudah cukup banyak merk mie instan yang dengan begitu mudahnya untuk di beli dan didapatkan. Dari mulai warung-warung kecil di kampung-kampung, sampai mini market dan juga super market besar pun selalu menyediakannya.

Varian rasa dan jenis bentuk mienya pun sudah cukup beragam, dari mulai mie biasa, berbentuk keriting hingga yang bentuk pipih juga ada. Dan bahkan pada merek Indomie memiliki cukup banyak varian rasa yang paling banyak karena mengadopsi berbagai jenis menu makanan khas nusantara dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Apakah mie instan organik itu?

pengertian mie instan organik
pengertian mie instan organik, ilustrasi: pixabay.com

Mie instan organik adalah mie yang dibuat dari komposisi atau hasil pengolahan bahan-bahan alami seperti saripati sayuran yang tidak menggunakan unsur 3P baik pada mie maupun bumbu penyedap rasanya yang kebanyakan menggunakan MSG.

Apakah unsur 3P yang dimaksud? adalah sebuat singkatan singkatan dari penguat rasa, pengawet dan pewarna kimia sitetis.

Dan Lemonilo merupakan salah satu perusahaan pelopor mie instan organik dan juga berbagai jenis bahan makanan dan juga makanan instan siap makanan lainnya yang dalam proses pembuatannya menggunakan konsep yang serba organik dan bebas bahan kimia sintetis.

Manfaat mie instan organik

manfaat mie instan

Karena hanya terbuat dari bahan-bahan yang bersifat alami, tentu mie jenis ini akan memiliki manfaat yang jauh lebih baik untuk kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya jika dibandingkan dengan mie instan biasa yang non organik.

Bahaya mie instan

bahaya mie instan

Mie instan tidak berbahaya, informasi yang mengatakan mie instan mengandung zat lilin anti lengket adalah sebuah berita hoaks yang tidak benar!

Ya, memang benar bahwa informasi yang sering tersebar di media sosial terkait mie instan mengandung zat lilin hanyalah sebuah berita hoaks yang tidak terbukti kebenarannya berdasarkan hasil uji tes laboratorium.

Akan tetapi hal tersebut tidak boleh dijadikan alasan untuk mengkonsumsi mie instant secara berlebihan karena masih ada berbagai potensi buruk lainnya yang bisa diakibatkan dari mie instant.

Mengutip sebuah artikel kesehatan yang berjudul “Jangan Lagi Mengabaikan Bahaya Mie Instan” yang ada di situs dokter AloDokter, berikut beberapa poin penting yang perlu untuk anda ketahui.

  • Bukan sumber nutrisi yang baik

Mie instan kerap disebut sebagai makanan tidak sehat lantaran kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, namun rendah protein, serat, vitamin, dan mineral.

Penelitian telah membuktikan bahwa sering mengonsumsi mie instan berarti membiarkan tubuh mendapatkan kualitas makanan yang buruk.

Lebih jauh lagi, mi instan dapat menimbulkan risiko sindrom metabolik. Sindrom ini akan meningkatkan kemungkinan Anda terserang penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

  • Tinggi karbohidrat dan sodium/natrium

Mie instan yang disajikan dengan kaldu instan biasanya memiliki kandungan garam atau natrium yang tinggi. Satu kemasan mie instan bisa mengandung sekitar 860 mg natrium.

Jumlah ini belum ditambah makanan lain yang mengandung natrium, yang Anda konsumsi pada hari yang sama.

Padahal asupan natrium yang disarankan per hari tidak lebih dari 2.000-2.400 mg (setara 5-6 gram garam).

  • Mengandung MSG

Penggunaan MSG (monosodium glutamate) yang berfungsi meningkatkan rasa mie instan menjadi lebih asin, manis, atau asam juga memiliki risiko kesehatan.

MSG dapat memicu reaksi alergi dengan gejala rasa sakit pada dada, berkeringat, jantung berdebar, dan sakit kepala).

Kandungan natrium yang tinggi dan MSG dari mie instan disarankan untuk dihindari oleh penderita hipertensi, pengguna obat diuretik, dan pengguna beberapa jenis obat antidepresan serta penderita gagal jantung kongestif.

  • Perhatikan kemasannya

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika membahas bahaya mie instan adalah kemasannya.

Ada mie instan yang dikemas dengan bahan yang menggunakan styrofoam yang mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA).

BPA dapat mengganggu cara kerja hormon, memengaruhi perkembangan otak pada bayi dan anak-anak, serta menghambat perilaku. Bagi orang dewasa, berisiko meningkatkan penyakit jantung.

Kesimpulan:

Mengkonsumsi mie instan baik yang non organik maupun yang organik tetap boleh asalkan tidak berlebihan dan tidak menjadikannya sebagai menu makan utama setiap hari karena mie instan tidaklah mengandung nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan tubuh kita.

Tips membuat mie instan lebih bergizi

Dengan tetap memperhatikan batasan mengkonsumsinya, berikut ini beberapa cara membuat mi instan menjadi lebih bergizi baik untuk yang jenis kuah maupun goreng tanpa air.

  • Lengkapi mie instan dengan sayuran hijau dan buah sayur segar seperti wortel, tomat, sawi hijau, kubis, atau yang lainnya agar kandungan serta alaminya menjadi semakin banyak.
  • Lengkapi juga dengan telur atau daging ayam agar kandungan protein dalam mi instan tersebut menjadi bertambah.

Tapi perlu di ingat ketika menambahkan sayuran, agar nutrisi sayuran tidak banyak yang hilang karena proses memasak yang terlalu lama, masukkan sayuran setelah mie instan terlebih dulu dan jangan bersamaan.

Video bahaya hanya makan mie setiap hari

5 Rekomendasi Merk Mi Instan Organik Yang Bagus

Berikut ini beberapa mie instan sehat terbaik versi Bicara Produk yang hanya terbuat dari bahan-bahan organik yang jauh lebih baik dari mie instan biasa yang non organik

1. Lemonilo Mie Instan Organik Kuah dan Goreng

Lemonilo Mie Organik Instan Alami
gambar: lemonilo.com

Deskripsi produk:

  • Merk: Lemonilo
  • Varian rasa: Mie goreng dan Mie kuah rasa ayam bawang, dll.
  • Kisaran harga: Rp 5.000

Beberapa kelebihan dari mie instan organik merk Lemonilo ini diantaranya adalah rendah gluten karena tidak dibuat menggunakan tepung terigu seperti pada mie instan biasa, akan tetapi hanya dari saripati sayuran dan tepung tapioka.

Tidak juga menggunakan pengawet, perasa, dan juga pewarna buatan kimia sintetis, dan juga MSG pada bumbu penyedap rasanya.

Baca juga rekomendasi:

Alat Pembuat Mie Manual Murah.

2. Yummy Bites Mie Instan Untuk Bayi

Yummy Bites Mie Instan Untuk Bayi
gambar: shopee.co.id

Deskripsi produk:

  • Merk: Yummy Bites
  • Varian rasa: Mie goreng rasa brokoli, bayam, dan ubi jalar.
  • Kisaran harga: Rp 40.000

Selama ini bunda tentu akan merasa kesulitan ketika mencari produk mie instan yang boleh diberikan untuk bayi agar tidak hanya bubur bayi saja, dengan kehadiran Yummy Bites Organic Noodle bunda tidak perlu merasa kesulitan lagi karena bisa memasak dan memberikannya tanpa khawatir akan berdampak negatif untuk kesehatannya.

Mie instan bayi merk Yummy Bites ini bisa diberikan untuk bayi yang sudah berusia minimal 7 bulan dan tentu saja dengan komposisi yang sudah disesuaikan untuk kebutuhan bayi seperti sudah dilengkapi dengan omega 3 dan 6.

3. Mi Instan Sayur Alamie

mie goreng alamie

Deskripsi produk:

  • Merk: Alamie
  • Varian rasa: Mie goreng dan mie kuah rasa ayam bawang, soto, rendang, dll.
  • Komposisi utama: Bayam hijau, buah naga, wortel, dll.
  • Kisaran harga: Rp 5.000

Apakah mie instan ini tidak menggunakan tepung terigu sebagai campuran bahan pembuatannya? mie ini menggunakan tepung terigu dan bukan tepung tapioka sebagai campuran saripati sayuran.

Tapi anda tidak perlu khawatir karena penggunaan bahan lainnya tetap menggunakan konsep organik yang tanpa pengawet dan penyedap rasa sintetis.

4. Lingkar Organik Mie Goreng Sayur

Lingkar Organik

Deskripsi produk:

  • Merk: Lingkar Organik
  • Varian rasa: Mie goreng rasa daun kelor, bayam merah, tomat, bayam merah, dll.
  • Kisaran harga: Rp 9.000

Lingkar organik merupakan salah satu perusahaan yang cukup konsistem dalam memproduksi dan menyediakan berbagai jenis bahan makanan yang serba organik kepada masyarakat.

Merk Lingkar Organik juga sudah cukup lama terkenal dengan beras organik yang sudah sejak dulu banyak digunakan sebagai bahan pembuatan bubur bayi MPASI.

5. Vegie Noodle Mie Sayur Alami

Vegie Noodle

Deskripsi produk:

  • Merk: Vegie Noodle
  • Varian rasa: Mie goreng rasa daun kelor, baDeskripsi produk:yam merah, tomat, bayam merah, dll.
  • Kisaran harga: Rp 16.000

Mie instan organik merek Vegie ini juga sama seperti mie organik lainnya yang dalam proses pengeringan pembuatannya tidak di goreng menggunakan minyak akan tetapi di masukkan kedalam oven atau microwave.

Tidak menggunakan tambahan boraks atau pengenyal kimia, dan juga jenis pengawet kimia sintetis lainnya.

Baca juga rekomendasi:

Alat Pembuat Bakso Manual.

Penggiling Daging Manual Murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *