Kategori
Kesehatan

Membuat Samsak Tinju Sarung Bantal Isi Cocopeat

samsak sarung bantal isi cocopeat
samsak praktis isi cocopeat

Pengin olahraga tinju-tinjuan atau tonjok-tonjokan beladiri didalam rumah sendiri? tapi ga mau ribet karena harus membeli samsak tinju? belum lagi untuk isi samsaknya yang biasanya menggunakan serbuk atau serpihan karet vulkanisir yang masih susah didapat terlebih buat kalian yang bukan tinggal diperkotaan, tapi ada alternatif mudah lainnya untuk membuat samsak menggunakan sarung bantal guling isi cocopeat sebagai isi samsaknya.

Isi samsak dengan cocopeat? ya, cocopeat atau cocofiber adalah serbuk yang terbuat dari hasil serutan kulit kelapa, dan cocopeat ini biasa digunakan sebagai media tanam hidroponik maupun yang dicampurkan dengan tanah.

Dan juga, pada tips BicaraProduk kali ini, bahan yang dipergunakan untuk membuat samsak tinju ini adalah sarung bantal atau jenis guling yang panjang tepatnya.

Baca juga:

Merk Samsak Beladiri Bahan Tebal.

Kelebihan Cocopeat Sebagai Isi Samsak

  • Murah dan juga mudah didapatkan karena untuk bahan samsaknya hanya menggunakan sarung guling yang tentu semua rumah sudah memilikinya.
  • Untuk cocopeat sebagai isi samsaknya bisa di beli pada para pengrajin kerajinan yang menggunakan bahan sabut kelapa, atau untuk yang diperkotaan bisa membelinya di penjual media tanam seperti pada tukang bunga. Harga cocopeat mulai dari 10 ribu sampai dengan 50 per karung tergantung kualitasnya apakah sudah disaring atau belum.
  • Pemasangan juga mudah karena cukup diikatkan menggunakan tali tambang dan tidak memerlukan rantai besi.
  • Empuk dan nyaman saat dipukul-pukul namun tetap memberikan sensasi yang keras dan padat.

Cara Membuat Samsak Sarung Guling Isi Cocopeat

1. Siapkan sarung guling ukuran besar

Sarung guling terbaik yang bisa digunakan adalah sarung guling yang terbuat dari bahan kain yang halus dan kuat sehingga tidak mudah robek seperti pada beberapa merk terkenal yang banyak dijual satu paket dengan sprei seperti Bonita, My Love, Kintakun, Lady Rose, dan lain-lain

2. Masukkan tali pada kedua ujung sarung guling

Setelah tali sudah dimasukkan pada kedua ujungnya, khusus untuk bagian ujung yang akan dijadikan sebagai bagian bawah harus diberi plastik yang agak tebal agar cocopeat yang nantinya ada didalamnya tidak jatuh.

3. Masukkan cocopeat kedalam sarung guling

Saat memasukkan sarung guling sambil diangkat dan dibanting-banting agar padat secara merata.

Jika kondisi cocopeat kering, sebaiknya dilembabkan terlebih dahulu dengan cara disiram air atau menggunakan semprotran agar lebih merata dan lembab.

4. Ikat bagian ujung atas dan gantung ditempat yang diinginkan

gantung samsak cocopeat

Setelah menentukan tempat sebagai gantungan samsak, ikat bagian atas menggunakan tali tambang dan juga tali plastik dan pastikan sudah terikat dengan erat dan tidak jatuh karena merosok atau tali lepas saat sedang dipukul-pukul dan ditendang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *