Kategori
Kesehatan

3 Masker Virus Corona Terbaik Yang Bisa Dipakai

jenis masker virus corona terbaik adalah kain 3 lapis

Butuh masker virus corona tapi masih bingung harus memakai jenis masker yang seperti apa yang efektif dan bisa diandalkan untuk meminimalisir penularan virus corona? berikut ini akan kami share beberapa informasi terkait hal tersebut.

Pandemi virus corona jenis terbaru yang dinamakan dengan Covid-19 masih mengguncang dunia yang bahkan ketika artikel ini ditulis total jumlah kasus diseluruh dunia sudah mencapai angka 1 juta lebih, 80 ribu dinyatakan meninggal dunia, dan 300 ribu pasien dinyatakan sembuh.

Kembali lagi ke paragraf pertama, jenis masker seperti apa sebenarnya yang dapat digunakan atau dipakai untuk menangkal virus covid-19 ini?

Bahaya Memakai Masker Virus Corona

Sebelum membahas jenis masker tebaik untuk mencegah virus corona, perlu juga diketahui bahaya yang malah bisa membuat seseorang yang mengenakan masker semakin berisiko tertular.

WHO sudah berkali-kali menegaskan bahwa virus corona tidak dapat menular melalui udara dan hanya melalui cairan tubuh dimana beberapa cara penularan pada manusia diantara dari cipratan droplet disaat bersin orang yang sudah terinfeksi yang kemudian menempel ditangan, dibaju atau dibenda-benda mati lainnya.

Meskipun virus corona tidak dapat bertahan lama dalam kondisi seperti itu, namun ia bisa saja dengan mudah berpindah keorang lain sebelum akhirnya mati.

Bahaya pemakai masker yang justru membuat potensi tertularnya menjadi lebih besar diantaranya adalah karena orang yang sedang memakai cenderung akan lebih sering menyentuh area sekitar wajah seperti hidung, mata atau telinga ketika sedang merapikan maskernya. Silahkan baca juga di: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200302155802-4-141800/hati-hati-salah-pakai-masker-bisa-tingkatkan-risiko-corona

Cara memakai masker virus corona yang benar

Berikut ini adalah beberapa tips memakai masker yang baik dan benar menurut Kemenkes RI:

  1. Tutup mulut, hidung, dan dagu Anda. Pastikan bagian masker yang berwarna berada di depan.
  2. Tekan bagian atas masker supaya mengikuti bentuk hidung Anda.
  3. Lepas masker yang telah digunakan dengan hanya memegang tali dan langsung buang ke tempat sampah.
  4. Agar bersih, ganti masker Anda secara rutin apabila kotor dan basah.
  5. Cuci tangan pakai sabun setelah membuang masker yang telah digunakan ke tempat sampah.

Pada awal mulai dan baru hebohnya pandemi virus corona ini, hampir semua praktisi medis menyatakan bahwa ada 2 jenis masker yang cukup efektif untuk menangkal penularan virus corona yakni masker bedah (surgical mask) dan masker N95.

Silahkan baca juga:

Merk Masker Anti Debu Terbaik.

Masker Bedah (Surgical Mask)

Masker ini adalah masker yang hanya dapat dipakai satu kali saja atau sekali pakai, dan masker jenis ini yang biasa digunakan oleh para tenaga medis di rumah sakit-rumah sakit.

Masker bedah seperti ini terbuat dari 3 lapisan bahan yang anti air pada lapisan luar, penyaring virus dan bakteri pada lapisan tengah, dan menyerap cairan yang keluar dari mulut pemakai.

Namun masker jenis ini saat ini sudah sangat sulit didapatkan dipasaran, dan jika ada maka harganya sudah melambung sangat tinggi dari harga normal dan bahkan sering ditemukan kasus penimbunan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan semata.

Masker N95

Masker ini juga dapat diandalkan untuk meminimalisir terjadinya penularan penyakit menular hanya saja harga untuk masker ini lebih mahal lagi jika dibandingkan dengan masker bedah.

Mengapa masker kain tidak terdaftar?

Hal tersebut dikarenakan bahan kain memang tidak memenuhi syarat ketika digunakan sebagai masker untuk perlindungan dari bakteri dan virus dikarenakan masker kain memiliki sifat yang dapat menyerap air yang berarti akan sangat berbahaya ketika ada percikan droplet yang menempel.

Selain itu, masker juga memiliki rongga atau sela-sela (celah) yang dapat ditembus oleh bakteri dan virus, berbeda dengan masker bedah atau masker N95 yang memiliki filter penyaring bakteri dan virus yang baik.

Namun baru-baru ini seperti yang juga telah diterbitkan oleh situs Liputan6.com, salah satu dari tim pakar Gugus Tugas COVID-19 menjelaskan bahwa masker kain 3 lapis dapat digunakan masyarakat ketika sedang berada ditempat umum atau keramaian.

Hal tersebut kemungkinan berdasarkan pertimbangkan lebih baik menggunakan masker kain daripada tidak sama sekali. Dan menurut salah satu dari tim pakar Gugus Tugas COVID-19 masker kain dapat menangkal virus hingga 70%.

Kesimpulan:

Masker kain 3 lapis saat ini bisa dipakai sebagai salah satu cara yang mudah agar terhindar dari penularan virus corona dengan catatan tetap menjaga jarak, menjauhi kerumunan orang, tidak memegang wajah sebelum cuci tangan dengan sabun.

Namun masker kain 3 lapis ini lebih dikhususkan untuk orang sehat atau yang belum memiliki gejala penyakit dan untuk yang sedang sakit sebaiknya menggunakan masker bedah standar dunia medis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *