Kategori
Makanan & minuman

7 Madu Sarang Terbaik Dari Penjual Terpercaya

merk madu sarang asli terbaik lebah hutan dan ternak
Iklan Promosi

Khasiat dan manfaat dari madu tentu sudah tidak ragukan lagi, tapi ternyata ada cara yang lebih nikmat dan juga lebih banyak memberikan manfaat dan kebaikan dengan cara mengkonsumsi madu sarang asli baik yang berasal dari lebah ternak apis melifera maupun lebah hutan liar apis dorsata.

Madu sarang atau sarang madu (honeycomb) adalah madu yang masih berada didalam sarangnya yang belum melalui proses pemerasan, penirisan atau penyaringan sehingga masih memberikan rasa nikmat yang lebih alami.

Dan untuk sekarang ini memang sudah banyak peternak madu yang secara sengaja menjual dalam kondisi seperti ini melalui beberapa toko online populer di Indonesia.

Kelebihan dan manfaat madu sarang

  • Mendapatkan madu dengan kualitas yang masih mentah (raw) atau yang belum mengalami proses apapun, tentu saja masih banyak mengandung bee pollen, royal jelly dan propolis serta nutrisi penting atau zat-zat serta enzim yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.
  • Dapat sekaligus mengunyah dan mengambil sari-sari sarang lebah tersebut karena juga mengandung propolis yang khasiatnya juga sangat baik untuk manusia.
  • Lebih terhindar dari penipuan madu palsu atau campuran yang dilakukan oleh penjual nakal karena kondisinya yang belum diperas dan masih didalam sarang yang masih utuh dan belum rusak sehingga lebih aman dan terjamin akan keasliannya.

Jenis dan kualitas madu sarang

Perlu juga anda ketahui, bahwa faktanya dilapangan terdapat 2 jenis madu sarang yakni madu sarang asli 100% alami dan madu sarang asli tapi tidak 100% alami, dan juga madu sarang palsu.

Madu sarang asli tapi tidak alami

Maksud asli tapi tidak alami bagaimana? maksudnya adalah ada peternak yang memang memberikan pakan utama atau pakan tambahan terhadap lebah-lebah mereka berupa air gula atau yang dinamakan dengan istilah penyirupan.

Dan akibat diberi air gula tersebut, maka kualitas madu yang dihasilkanpun tidak alami karena tidak terbuat dari nektar bunga-bunga segar yang membuatnya menjadi kaya nutrisi dan enzim yang bermanfaat bagi tubuh.

Meskipun ada juga sarang sintetis atau yang dibuat dari malam atau lilin lebah, tapi untuk di Indonesia sendiri sepertinya hal tersebut belum ditemukan.

Iklan Promosi

Madu sarang palsu

Madu sarang palsu adalah sarang madu kosong atau baru hanya sedikit isi madunya tapi kemudian diisi dengan air campuran gula yang sudah dicampur semirip mungkin dengan madu asli agar seolah-olah madu sarang murni.

Untuk lebih jelasnya silahkan baca: Perbedaan Madu Sarang Palsu dan Asli.

Jika biasanya produk yang kami rekomendasikan sebagian besar kami pilih dan tentukan berdasarkan jumlah penjualan, khusus untuk produk ini, hal tersebut tidak berlaku.

Yang akan kami rekomendasikan adalah seller yang benar-benar memiliki peternakan lebah atau jelas alamat usahanya sehingga jelas asal-usul madu tersebut berasal.

1. Madu Sarang Kembang Joyo

madu sarang kembang joyo

Dan produk pertama yang akan kami rekomendasikan adalah dari penjual Kembang Joyo yang juga merupakan brand atau merk yang menyediakan berbagai produk perlebahan.

Berlokasi di kota Malang – Jawa Timur, merk Kembang Joyo berani memberikan garansi 1 juta per botol jika terbukti dari hasil uji laboratorium madu mereka palsu.

Untuk harga, bisa anda beli secara online dengan harga murah dan terjangkau mulai dari 100 ribuan untuk berat 500 gram.

Baca juga:

Merk Madu Terbaik Asli Alami.

2. Ashliy Brand Lebah Ternak Apis Melifera

madu sarang ashliy

Produk ini dijual dan disediakan oleh Ashliy Brand atau akun resmi dari RumahMaduJogja yang juga dibanderol dengan harga mulai dari 100 ribuan untuk kemasan setengah kilo.

Pengiriman dilakukan dalam kondisi packing atau dikemas menggunakan toples plastik sehingga aman sampai ke alamat tujuan pembeli.

3. Sarang Lebah Hutan Liar Apis Dorsata

sarang lebah hutan terbaik

Kelebihan pada madu yang dihasilkan oleh lebah hutan liar tentu saja lebih banyak mengandung zat antibakteri dan penyembuh alami lainnya karena terbuat dari berbagai jenis tanaman liar yang ada di hutan.

Perbedaan bentuk pada sarang lebah hutan liar adalah tidak beraturan dan tidak teratur ukurannya dan juga lebih tebal serta cenderung lebih keras.

Untuk harga, bisa anda beli mulai dari 200 ribuan untuk satu kilonya, akan tetapi harga terkadang bisa berubah dan mungkin disesuaikan dengan banyaknya stok dan waktu panen.

4. Madunesia Lebah Ternak Randu

madunesia sarang lebah randu

Aroma wangi dari madu randu atau nektar bunga kapuk memiliki ciri khas yang mudah diingat, terlebih dengan disertakannya sarang dalam wadahnya sekalian seperti pada produk ini tentu akan semakin membuat kuat aromanya.

Madunesia ini dibanderol mulai 70 ribuan per ukuran 300 gram dan merupakan merk madu yang juga mempunyai peternakan di daerah Jawa Timur

5. Sarang Trigona (Lebah Klanceng)

lebah trigona 300 gram

Madu ini diperoleh dari lebah trigona, klanceng, kelulut atau teuweul yang merupakan lebih yang tidak memiliki sengat dan juga berukuran kecil.

Rasa pada madu trigona cenderung lebih asam dan memang mempunyai harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan lebah bersengat baik lebah ternak maupun liar.

Dan untuk produk yang dijual ini dibanderol mulai 150 ribuan untuk sarang dengan berat 300 gram.

6. Sarang Madu Mahkota

sarang lebah mahkota

Meskipun belum terlalu populer dan mungkin dikarenakan kurangnya promosi dan lebih banyak penjualannya dilakukan oleh reseller, produk dari brand Mahkota ini juga layak untuk coba.

Memiliki peternakan sendiri di daerah Kebumen – Jawa Tengah dan kebanyakan stok madu yang disediakan berasal dari nektar bunga randu, meskipun ada juga kelengkeng.

7. Madu Sarang Herbal Ruqyah

penjual herbal ruqyah

Dijual oleh akun Shopee Herbal Ruqyah dan sudah mendapatkan ribuan transaksi penjualan.

Dibanderol dengan harga cukup murah mulai dari 80 ribuan untuk ukuran 1 kg dan 40 ribuan untuk yang 250 gram dan 160 ribuan untuk yang 1 kilograman.

Cara makan atau mengkonsumsi madu sarang

Sarang lebah di potong kecil-kecil agar lebih mudah di masukkan kedalam mulut, lalu sarang madu tersebut di kunyah-kunyah sambil di isap sampai semua sari-sarinya habis dan sudah terasa hambar.

Disarankan agar dimuntahkan atau dikeluarkan setelah terasa hambar dan tidak dianjurkan untuk di telan.

Iklan Promosi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *