Laptop Cepat Panas Atau Mati Sendiri? Begini Solusinya

laptop-cepat-panas-kipas-pendingin-bunyiBelum dinyalakan berjam-jam tapi laptop cepat panas? tenang, ada kok cara mengatasi agar laptop menjadi tidak lebih cepat panas.

Faktor penyebab mengapa suhu di dalam laptop menjadi panas selain imbas dari penggunaan panas baterai, juga dari processor.

Maka dari itu, ketika laptop sedang dipergunakan untuk menjalankan program atau aplikasi berat yang memforsir kerja prosesor dan vga atau kartu grafis, maka suhu di dalam laptop akan secara otomatis menjadi lebih cepat panas jika dibandingkan dengan ketika hanya membuka program yang ringan-ringan saja.

Salah satu contoh program yang menyita tenaga processor besar diantaranya adalah game berat, software video dan audio editor, software image editor atau sejenis desain grafis lainnya, dan lain-lain.

Tapi untuk laptop yang sudah lama (bukan baru beli) biasanya akan cenderung lebih cepat karena karena kondisi kipas pendingin processor yang sudah cukup kotor terkena debu. Dan solusinya bisa dibawa ke service laptop terdekat untuk dibersihkan.

Karena jika tidak, hal tersebut akan membuat laptop lemot, suara kipas pendingin bunyi keras, dan bisa juga laptop mati sendiri.

Apa solusi masalah laptop cepat panas mati sendiri?

Pasang Vacuum Cooler pada bagian samping laptop yang berfungsi sebagai penyedot hawa atau udara panas yang ada didalam laptop.

Vacuum cooler sama dengan kipas pendingin laptop atau cooling pad?

Berbeda, karena cara kerja vacuum cooler adalah menyedot dan mengeluarkan suhu panas dari dalam keluar, sedangkan cooling pad hanya memberikan angin dari luar kebagian dalam selayaknya kipas angin biasa.

Dan karena cara kerja dari vacuum cooler seperti itu, maka secara teknis hasilnya akan lebih optimal dan bisa mengurangi suhu panas laptop secara signifikan.

Berbeda dengan cooling pad  yang hanya menghembuskan angin dari luar yang malah akan membawa debu dan kotoran halus ikut serta masuk ke dalam laptop.

Jadi, solusi terbaik untuk mengatasi laptop cepat panas adalah dengan memasang vacuum cooler, terlebih untuk laptop gaming maupun laptop yang dipergunakan berjam-jam untuk keperluan kerja.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *