Categories
Elektronik

Cara Terbaik Mengatasi Laptop Cepat Panas Sering Error

cara terbaik mengatasi laptop cepat panas

Belum dinyalakan berjam-jam lamanya tapi laptop cepat panas? kinerja Windows 10 menjadi lebih lemot atau lambat? atau, malah sering mati atau restart sendiri? menjengkelkan memang, tapi hal seperti ini banyak juga yang sering mengalaminya.

Tapi tenang, karena ada kok beberapa tips dan cara untuk mengatasi hal tesebut yang bisa kamu lakukan langsung dirumah tanpa harus pergi ke tempat service komputer atau mengundang mereka untuk datang ke rumah.

Karena terkadang hal menyebabkan laptop menjadi lebih cepat panas bisa diatasi dengan cara yang mudah meskipun pada beberapa kasus juga memerlukan bantuan tukang servis.

Faktor Penyebab Laptop Cepat Panas

Faktor penyebab mengapa suhu di dalam laptop menjadi lebih cepat panas sebenarnya ada banyak, akan tetapi yang paling umum dan paling sering terjadi diantaranya adalah

  1. Ventilasi atau lubang udara laptop kotor sehingga sirkulasi udara menjadi kurang lancar.
  2. Kipas prosesor yang berada di dalam laptop sudah kotor sehingga pengipasan yang bertujuan membantu proses pendinginan prosesor tidak optimal.
  3. Menyalakan laptop ketika baterai laptop sedang mengisi daya (recharge).
  4. Laptop digunakan untuk membuka program yang memakan penggunaan atau sumber daya prosesor besar seperti edit dan render video atau gambar yang beresolusi tinggi terutama jika prosesor yang digunakan memiliki spesifikasi rendah.
  5. Jenis prosesor AMD kelas menengah kebawah juga lebih rentan membuat laptop menjadi lebih cepat panas.

Tips dan Solusi Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Mati Sendiri

Untuk memulainya, silahkan cek terlebih dahulu, kira-kira faktor mana yang menyebabkan laptop kamu menjadi cepat panas berdasarkan keterangan diatas.

Untuk faktor penyebab nomer 1, kamu bisa langsung melakukan pembersihan menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner USB yang berukuran mini yang biasanya dipergunakan untuk membersihkan debu di keyboard juga.

Jika yang penyebabnya adalah faktor nomer 1, maka sebaiknya bawa laptop kamu ke tempat reparasi laptop agar di bersihkan oleh teknisi terkecuali kamu berani untuk membuka dan membersihkannya sendiri.

Sedangkan untuk faktor penyebab nomer 3 sampai ke 5 bisa dibantu dengan alat tambahan seperti vacuum cooler.

Perbedaan Vacuum Cooler Dengan Kipas Pendingin Laptop Cooling Pad?

vacuum cooler pendingin laptop

Meskipun memiliki fungsi yang bisa dikatakan sama yakni sebagai pendingin laptop, namun secara konsep kerjanya berbeda karena cara kerja vacuum cooler adalah menyedot dan mengeluarkan suhu panas dari dalam keluar, sedangkan cooling pad hanya memberikan angin dari luar kebagian dalam selayaknya kipas angin biasa.

Baca: Merk Vacuum Cooler Pendingin Laptop Terbaik .

Dan karena cara kerja dari vacuum cooler seperti itu, maka secara teknis hasilnya akan lebih optimal dan bisa mengurangi suhu panas laptop secara signifikan.

Berbeda dengan cooling pad  yang hanya menghembuskan angin dari luar yang malah akan membawa debu dan kotoran halus ikut serta masuk ke dalam laptop.

Jadi, solusi terbaik untuk mengatasi laptop cepat panas adalah dengan memasang vacuum cooler, terlebih untuk laptop gaming maupun laptop yang dipergunakan berjam-jam untuk keperluan kerja.

Namun permasalahanya adalah tidak semua jenis laptop bisa dipasangi vacuum cooler karena tidak semua model laptop memiliki lubang udara pada bagian samping kanan atau kiri dan terkadang di bagian bawah dan atas.

Dan jika kebetulan laptop kamu adalah laptop dengan model lubang udara bukan di samping, mau tidak mau kamu hanya bisa menggunakan cooling pad saja.

Baca: Merk Cooling Pad Pendingin Laptop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *