Bahaya Tersembunyi Minyak Goreng Curah Harga Murah

bahaya minyak goreng curah kadaluarsa

Karena faktor harga minyak goreng curah yang murah, banyak orang kemudian memilih untuk membeli jenis minyak yang biasanya dijual per liter, per kilo, atau per jerigen ini.

Dan bahkan untuk kebutuhan penjual atau pelaku usaha makanan sekelas home industri maupun usaha kecil menengah, terkadang membelinya per drum dengan harga yang lebih murah karena langsung ke tingkat produsen utama.

Padahal jika dilihat dari sisi kualitas dan juga kesehatannya, minyak jenis ini tidak terjamin 100% aman untuk digunakan baik untuk kebutuhan memasak rumah tangga, maupun pengusaha makanan.

Kelebihan dan Kekurangan Minyak Goreng Curah

Kelebihan yang terdapat pada minyak goreng curah mungkin hanya satu yakni harga murah, dan lebih banyak kekurangannya seperti berikut ini:

Kemasan Mudah Pecah dan Rusak

Tidak seperti minyak kemasan ber-merk yang sudah bersertifikat SNI dan menggunakan kemasan plastik yang tebal, kemasan pada minyak curah hanya menggunakan plastik tipis biasa yang diikat menggelembung dan sangat mudah pecah.

Tidak Ada Label Kadaluarsa

Karena tidak adanya keterangan “masa berlaku”, “baik digunakan sebelum”, atau “expired date”, maka kita tidak akan tahu mulai kapan minyak tersebut sudah tidak boleh digunakan.

Terlebih ini menyangkut minyak akan digunakan untuk menggoreng atau untuk kebutuhan memasak makanan lainnya yang notabene berkaitan erat dengan kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Dan bahkan, saya pernah satu kali melihat sendiri suatu kejadian aneh dimana disebuah toko kelongtong yang membuka minyak goreng kemasan (branded) dan kemudian di kemas ulang selayaknya minyak goreng curah dalam bungkus plastik per kilo.

Memang saya tidak sempat untuk mengecek langsung untuk memastikan apakah pada kemasan minyak goreng yang telah digunting dan dikemas lagi tersebut sudah kadaluarsa atau belum, karena pasti penjual tersebut akan merasa tidak nyaman.

Akan tetapi logika sederhananya adalah “harga minyak goreng kemasan yang lebih mahal kenapa malah dikemas ulang menjadi minyak goreng cura dan dijual dengan harga yang lebih murah”.

Berarti minyak goreng kemasan tadi memang bermasalah, dan masalah yang paling memungkinkan adalah sudah kadaluarsa.

Minyak Goreng Curah Mudah Gosong

Saat sudah digunakan satu atau dua kali saja untuk menggoreng, maka minyak jenis lebih cepat berubah warna dan menjadi hitam, berbeda dengan minyak kemasan ber-merk yang lebih tahan hingga beberapa kali digunakan.

Namun sayangnya, banyak penjual-penjual makanan yang masih menggunakan minyak jenis ini dengan alasan agar harga jual makanannya masuk dan dapat untung.

Padahal ketika minyak sudah berubah warna dan terus digunakan untuk menggoreng lagi, dan lagi, maka struktur kimianya akan berubah yang akan lebih meningkatkan resiko buruk bagi kesehatan yang mengkonsumsinya.

Bahaya Minyak Jelantah Bagi Kesehatan

Seperti artikel yang saya kutip dari situs kesehatan HelloSehat tentang bahaya menggunakan minyak goreng jelantah berikut ini:

  • Infeksi bakteri
  • Meningkatkan risiko kanker
  • Meningkatkan resiko penyakit degeneratif
  • Kelebihan berat badan atau obesitas

Jika minyak kemasan yang memiliki kualitas yang baik saja tidak baik apabila digunakan berkali-kali untuk menggoreng, terlebih dengan minyak goreng curah yang baru satu kali digunakan saja sudah berubah warna.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri sebenarnya melalui Kementrian Perdagangan sudah membuat Permendag yang mewajibkan setiap minyak goreng yang dijual harus sudah dalam kemasan bermerk.

Namun peraturan larangan penjualan minyak goreng curah tersebut akhirnya diundur lagi dari yang seharusnya akan diberlakukan tahun 2019, menjadi tahun 2020.

Kesimpulan:

Membeli atau tidaknya minyak goreng curah adalah sepenuhnya hak anda, namun mohon untuk mempertimbangkan kembali terkait manfaat dan potensi resiko bahaya yang mungkin timbul untuk kesehatan pada waktu mendatang dan jangan hanya karena alasan harganya yang murah saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *