Categories
Belanja Online Kecantikan Makanan dan Minuman

5 Merk Cuka Apel Halal Terbaik Untuk Wajah dan Diminum

merk cuka apel terbaik halal mui terdaftar bpom
merk cuka apel halal

Hingga saat ini dan konon sejak ribuan tahun yang lalu, cuka apel yang dibuat dari sari buah apel dan juga fermentasi bakteri sehingga menghasilkan asam asetat ini telah dipercaya oleh banyak orang dan digunakan sebagai salah satu pilihan untuk menjaga kesehatan dan juga cara pengobatan alami.

Dalam dunia kecantikan, cuka ini juga banyak digunakan sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, dan juga dalam program diet untuk mengatasi obesitas atau kegemukan.

Dan bahkan sudah banyak testimoni berhasil dalam menurunkan berat badan menggunakan produk ini, serta berbagai keluhan dan permasalahan seputar kulit wajah seperti jerawat juga banyak yang menyatakan sembuh dan berhasil.

Selain itu, cuka ini juga dipercaya dapat membantu mengobati serta menjaga tubuh dari beberapa gangguan penyakit berat seperti diabetes, jantung, dan dijadikan sebagai cara detoksifikasi atau pembuangan racun-racun yang ada di tubuh khususnya saluran pencernaan.

Manfaat dan Efek Samping Cuka Apel

Terlepas dari berbagai khasiat dan manfaatnya dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, cairan yang berasa sangat asam ini menyimpan efek samping yang perlu untuk diperhatikan.

Mengutip tulisan artikel yang juga sudah di review oleh dokter umum di situs kesehatan HelloSehat, berikut beberapa efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan:

  • Memperlambat pengosongan perut
  • Mengalami gangguan pencernaan
  • Mengikis dan merusak lapisan enamel gigi
  • Membuat keronkorangn merasa perih
  • Menurunkan kadar gula darah

Cara minum cuka apel yang baik

  • Batasi asupan cuka apel: Mulai dari dosis yang kecil secara bertahap. Maksimal 2 sendok (30ml) makan per hari atau tergantung toleransi tubuh masing-masing.
  • Gunakan sedotan: Hal ini dimaksudkan agar ketika sedang meminumnya tidak mengenai gigi langsung.
  • Bilas mulut dan kumur-kumur: Setelah mengonsumsi minuman asam yang banyaka mengandung cuka ini, berkumurlah. Atau untuk mencegah kerusakan enamel lebih lanjut, sikat gigi setelah 30 menit mengonsumsi atau meminumnya.
  • Hindari sari cuka apel: Jika Anda memiliki gastroparesis, sebaiknya adan tidak meminumnya, atau batasi jumlahnya dan tak lebih dari satu sendok teh (5 ml) saja dalam sehari.

Halal-haram cuka apel

Bagi orang Islam tentu akan berbeda dengan orang non muslim dimana harus selalu memperhatikan hukum halal-haram pada suatu makanan dan minuman yang akan dikonsumsi dan hal tersebut tak terlepas juga dari minuman yang disebut cuka ini.

Dalam agama Islam cuka sebenarnya dihalalkan dan boleh diminum namun tidak secara mutlak dan hal tersebut cukup tergantung dari cara atau proses pembuatan cuka tersebut.

Hadist nabi tentang cuka

Sudah sejak ribuan tahun yang lalu, junjungan umat muslim yang mulia baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Salam pernah bersabda dalam sebuah hadist shahih yang diriwayatkan oleh imam Muslim yang berbunyi ” “Sebaik-baik lauk adalah cuka, sebaik-baik lauk adalah cuka.” (HR. Muslim no. 2052).

.

Hadist tersebut menjadi panutan umat muslim sekaligus sebagai bukti bahwa cuka pada dasarnya adalah halal untuk dikonsumsi.

Namun pada hadist yang lain yang masih terkait tentang cuka ada juga larangan untuk mengkonsumsi jenis cuka tertentu yang cara membuatnya dilakukan dari bahan baku khamr (minuman ber-alkohol) yang kemudian dirubah menjadi cuka seperti pada penjelasan yang kami kutip dari situs Kumparan berikut ini:

Dari Anas bin Malik, bahwasanya Abu Tholhah pernah bertanya pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai anak yatim yang diwarisi khomr. Lantas beliau katakan, “Musnahkan khomr tersebut.” Lalu Abu Tholhah bertanya, “Bolehkah aku mengolahnya menjadi cuka?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak boleh.” (HR. Abu Daud no. 3675. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Jadi kesimpulannya adalah bagi anda yang muslim yang ingin mengkonsumsi cuka apel sebaiknya pilih yang berlabel “apple vinegar” dan jangan yang ada tambahan kata ditengahnya “Cider” karena dimungkinan dalam pembuatannya sempat dirubah atau menjadi cider sejenis khomr atau minuman ber-alkohol.

Atau untuk yang lebih aman dan lebih membuat hati tenang, sebaiknya pilih cuka apel yang sudah memiliki serifikat halal dari LPPOM MUI Majelis Ulama Indonesia.

5 Merk Cuka Apel Halal Terbaik Untuk Wajah dan Diminum

Beli online merk cuka apel terbaik yang bersertifikat halal MUI dan BPOM tanpa perlu ke Indomaret atau Alfamart, bisa digunakan untuk masker wajah dan juga di minum sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan.

Meskipun fakta dan manfaat dari penggunakan cuka apel untuk kesehatan tubuh manusia belum terlalu diakui oleh dunia kesehatan konvensional, tapi faktanya sudah begitu banyak orang yang menyukai untuk menggunakannya terlebih untuk orang yang memang menyukai dunia pengobatan herbal tanpa bahan kimia yang memang dipercaya lebih aman.

1. Bragg Apple Cider Vinegar (ACV)

cuka apel bragg haram
bragg apple cider vinegar

Cuka apel merk Bragg ini, merupakan produk yang di import dari negara Amerika Serikat yang sudah diproduk sejak ratusan tahun yang lalu atau tepatnya tahun 1912.

Untuk kemasan yang terlaris yang paling banyak dijual di beberapa toko online populer di Indonesia adalah dalam botol kaca yang berukuran 473 mL dengan kisaran harga 100 ribuan keatas.

Kelebihan Cuka Apel Bragg

Terbuat dari bahan sari buah apel segar yang diambil dari perkebunan organik dan untuk hal ini sudah benar-benar terverifikasi.

Produk yang dikemas merupakan produk cuka yang masih dalam keadaan mentah, belum disaring dan tidak di pasteurisasi sehingga masih terjaga kemurniannya dan masih mengandung biang bakteri baik atau yang di istilahkan sebagai “Mother”.

Kekurangan Cuka Apel Bragg

Salah satu kekurangan dari cuka merk ini mungkin hanya berlaku bagi anda yang ber agama Islam yang peduli akan halal dan haram suatu makanan dan minuman.

Adalah karena produk cuka dari merk Bragg ini belum mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI

2. Heinz Apple Cider Vinegar

heinz produk import
cuka apel heinz

Merk terlaris selanjutnya yang merupakan salah satu yang terbaik yang dipercaya banyak orang adalah merk Heinz yang merupakan produk import juga.

Akan tetapi, produk sari cuka yang terbuat dari buah apel ini memang dibanderol dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan Bragg yang bahkan hingga harga separuhnya.

Adapun untuk kekurangannya kurang lebih masih sama-sama seperti merk Bragg diatas yakni belum mendapatkan sertifikat halal dari LPPOM MUI.

Artikel produk terkait:

Review Cuka Kurma Bin Afif.

Cuka Apel Halal Bersertifikat LPPOM MUI dan BPOM RI

Merk cuka apel yang sudah dijamin halal dan memiliki sertifikat dari LPPOM MUI diantaranya adalah Tahesta dan Nutri Great.

3. Cuka Apel Tahesta Halal MUI

cuka apel tahesta halal lppom mui bpom ri
merk cuka apel tahesta halal mui

Cuka yang diproduksi oleh PT. Tirta Sarana Sukses yang berlokasi di Pasuruan Jawa Timur ini sudah memiliki sertifikat halal dari MUI dan juga teregistrasi di BPOM RI dengan nomor registrasi MD 155713001465.

Dan untuk yang kemasan botol kaca yang berukuran 320 mL, cuka ini bisa anda dapatkan seharga 40 ribuan dan dapat dibeli di apotek/toko obat terdekat, atau melalui belanja online.

4. Nutri Great

nutri great produk lokal
cuka apel nutri great

Cuka ini merupakan produk lokal asli Indonesia sama seperti merk Tahesta, hanya saja bukan diproduksi oleh perusahaan besar sehingga untuk izin edar dari dinasi kesehatan hanya berupa DINKES P-IRT dan belum POM.

Untuk harga juga dibanderol hampir setengah lebih murah dibawah harga yang dibanderol oleh Tahesta yakni hanya mulai seharga 20 ribuan saja.

Artikel produk terkait:

Cuka Madu Fermentasi Buah.

5. Cuka Apel Korea Daesang Chung Jung

cuka apel korea daesang chung jung
cuka apel import korea

Cuka korea ini juga merupakan salah satu yang saat ini terlaris dan juga karena memiliki harga yang murah karena hanya dibanderol mulai 40 ribuan untuk kemasan 900 mL.

Cuka merk ini belum berlabel halal LPPOM MUI, akan tetapi sudah terdaftar dan memiliki izin edar di BPOM RI dan hal tersebut tertulis jelas pada kemasannya.

Apakah Cuka Apel Merk Bragg dan Heinz Haram?

Hal tersebut belum dapat diketahui secara 100%, akan tetapi sebagai seorang muslim, alangkah lebih baiknya untuk lebih berhati-hati.

Karena selama ini yang diperbolehkan adalah yang cara pembuatannya hanya dari proses dari juice apel kemudian di fermentasi dengan bantuan bakteri acetobacter yang menjadi gula dan kemudian menjadi cuka.

Dan bukan dari juice atau sari apel kemundian dijadikan sejenis wine (cider) terlebih dahulu dan baru kemudian dirubah menjadi cuka.

Oleh karena itu pilihkan produk cuka apel yang bertuliskan Appel Vinegar (AV) dan bukan Apple Cider Vinegar (ACV).

Kesimpulan:

Bicara Produk tidak mengatakan bahwa semua produk cuka apel yang belum bersertifikat HALAL dari LPPOM MUI mutlak 100% HARAM, akan tetapi sebagai seorang muslim tentu lebih memilih cari aman dengan menggunakan produk lokal yang sudah terjamin akan kehalalannya.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *