Kategori
Makanan & minuman

Perbedaan Sarang Madu Palsu dengan Yang Asli

perbedaan sarang madu palsu dan asli

Adakah sarang madu palsu? dan jika ada apakah perbedaan dan ciri-ciri dari sarang madu asli dan yang palsu tersebut? Apakah yang dijual di berbagai toko online itu palsu semua meskipun laris manis yang terjual ribuan untuk setiap bulannya?

Memang secara umum belum terdapat informasi yang cukup, dan hal tersebut dikarenakan sebagian besar pembeli yang membeli tidak tahu apakah madu sarang tersebut palsu atau asli dan akhirnya mereka percaya 100% bahwa madu tersebut adalah asli dan alami yang diambil langsung dari sarang lebah hutan liar atau perternakan budidaya lebah.

Mengenai produk madu, selama ini memang sangat membingungkan pembeli, karena begitu maraknya madu palsu yang beredar dipasaran yang di jual secara online dan offline dengan banderol harga yang murah yang bahkan hanya 50 ribu sampai 100 ribu untuk 1 kg.

Dan memang sudah seharusnya, ada aturan ketat yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk menangani hal ini agar rakyat lebih terjamin dan terlindungi dari aksi-aksi penjual madu yang nakal dan tidak jujur.

Karena sebenarnya konsumen atau pembeli lah yang paling dirugikan dari kasus seperti ini. Dan bukan hanya dari nilai materinya saja, akan tetapi dari segi kesehatan konsumen juga akan sangat dirugikan.

Mengapa demikian? ketika ada seorang konsumen yang ingin membeli madu dan mengkonsumsinya sebagai obat herbal atau sebagai suplemen untuk menjaga kesehatan, malah akan berdampak sebaliknya dan menimbulkan penyakit pada waktu mendatang karena ternyata madu yang dikonsumsinya palsu dan terbuat dari campuran gula dan bahkan tambahan bahan kimia berbahaya.

Pengertian sarang madu palsu

ilustrasi sarang madu palsu
ilustrasi sarang madu palsu

Madu sarang palsu adalah, madu yang dibuat hasil dari cairan madu palsu yang dituang/dimasukkan kedalam sarang madu kosong lebah hutan/lebah ternak.

Sedangkan madu sarang asli adalah semua prosesnya dibuat secara alami oleh lebah hutan maupun lebah ternak.

Dan menurut video yang diunggah oleh sebuah channel YouTube yang bernama Solusi Sihat Sejahtera, pintu pemalsuan madu sarang memang terbuka cukup lebar dan mudah untuk dilakukan.

Dan berdasarkan isi dari konten video dengan menggunakan sampel sarang madu kosong lebah hutan (apis dorsata) sebagai perbandingan yang berdurasi sekitar 3 menit tersebut, bisa kita ketahui perbedaanya.

Adakah sarang madu sintetis/buatan?

Untuk sarang lebah sintetis memang sudah ada akan tetapi untuk di Indonesia sepertinya belum pernah ada kasus tentang hal ini. Dan yang dibuatpun hanya sebatas sarang lebah ternak yang memiliki bentuk yang tipis tidak seperti sarang lebah hutan yang tebal dan tidak beraturan.

Video pembuatan sarang lebah sintetis

Apa keuntungan bagi pemalsu?

  • Mendapatkan tingkat kepercayaan tinggi dari calon pembeli meskipun menjual dengan harga mahal.
  • Mudah diproduksi dan seandainya mempunyai peternakan lebah, bisa dipanen sangat cepat meskipun sarang masih kosong.
  • Mendapatkan keuntungan materi yang banyak dari madu palsu yang diproduksi dengan biaya murah dengan campuran air dan gula atau sedikit madu asli.

Perbedaan madu sarang palsu dan asli

  • Lubang pada madu sarang yang madunya bukan diisi oleh lebah, akan selalu tidak bertutup (terbuka dan bolong-bolong).
  • Jadi intinya, madu sarang palsu pada lubang-lubangnya tidak memiliki tutup, sedangkan pada madu sarang asli pada bagian sarang yang berisi madu akan ditutup oleh lebah secara alami.

Video trik pembuatan sarang madu palsu – Solusi Sihat Sejahtera Channel

Kesimpulan:

Berhati-hatilah dalam membeli produk madu sarang apalagi di toko-toko online yang saat ini sedang sangat ramai.

Dan seandainya berkeinginan untuk membeli, jangan sungkan untuk bertanya ke seller terlebih dulu apakah sarang madu tersebut lubangnya tertutup semua atau malah tidak ada yang tertutupi sama sekali.

Baca juga rekomendasi:

Madu Terbaik Dunia.

Rasa Madu Hitam.

Madu Putih Baduy.

Manfaat Cuka Madu Untuk Wajah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *