Ada Kurma Palsu dan Oplosan? Begini Cara Membedakannya

ciri kurma palsu dan oplosan pemanis buatanSudah tahukah anda bahwa ternyata bukan hanya madu yang dipalsukan dan di oplos, karena ditemukan juga kasus kurma oplosan dan kurma palsu yang dilakukan oleh orang atau penjual kurma yang tidak jujur dan juga tidak amanah.

Padahal, meskipun sebagian besarnya buah kurma ini berasal dan di import dari negara-negara yang ada di Timur Tengah, namun tidak sedikit orang Indonesi yang gemar mengkonsumsinya.

Terlebih ketika bulan ramadhan tiba, dimana buah yang memiliki manis dan lembut di lidah setelah dikunyah ini biasa dijadikan sebagai makanan awal untuk berbuka puasa.

Pengertian Kurma Oplosan Dan Kurma Palsu

Kurma oplosan adalah buah kurma yang di campur dengan buah kurma lainnya yang berbeda jenis dan juga berbeda harga dengan maksud agar memperoleh keuntungan yang berlipat ganda.

Salah satu contoh dan yang sering terjadi adalah pada kurma jenis Ajwa (kurma nabi) yang memang memiliki harga hingga 300 sampai 400 ribuan per kilonya dengan kurma jenis Lulu yang memiliki harga dibawah 100 ribuan untuk satu kilonya.

Alasan mengapa penjual nakal mengoplos kurma Ajwa dengan kurma Lulu adalah karena bentuk dari kurma Lulu yang memang mirip dengan kurma Ajwa.

Perbedaan Kurma Ajwa Dengan Kurma Lulu

Salah satu ciri-ciri yang dapat dijadikan patokan untuk membedakan antara kurma Ajwa asli dan kurma Ajwa yang sudah di oplos atau dicampur dengan kurma Lulu adalah:

  • Kurma Ajwa memiliki warna yang lebih hitam pekat, sedangkan kurma Lulu tidak terlalu hitam pekat.
  • Ukuran Kurma Lulu  cenderung lebih kecil dari ukuran kurma Ajwa.
  • Kurma Ajwa memiliki motif garis-garis pada setiap bagian ujung buahnya, sedangkan pada kurma Lulu tidak.
  • Kurma Ajwa memiliki daging yang lebih banyak dan biji yang lebih kecil serta dagingnya sangat lembut lebih saat dikunyah.

Bagaimana dengan pengertian kurma palsu?

Kurma palsu adalah kurma yang memang bukan berasal dari buah, akan tetapi hasil olahan bahan-bahan yang diantaranya buah yang bentuk mirip dengan kurma dengan penambahan gula dan juga zat pemanis buah.

Seperti yang kami kutip dari tayangan video siaran tv RTV yang juga informasinya bersumber dari departemen Kementerian Pertanian, berikut beberapa ciri-ciri kurma palsu tersebut:

Ciri-ciri Kurma Palsu

  • Buah kurma palsu tidak memiliki biji.
  • Kurma palsu memiliki rasa manis yang cenderung lebih tajam dan berlebihan karena terdiri dari gula dan zat pemanis buatan.
  • Kurma palsu tidak berserat atau memiliki serat pada bagian buahnya.

Tips Mendapatkan Kurma Asli Kualitas Terjamin

Membeli kurma dari penjual atau toko yang memang sudah terpercaya, atau membeli kurma dalam kemasan yang bermerek, berdus dan juga bersegel yang jelas dan hindari membeli kurma curah yang dijual grosir dan eceran biasa.

Terlebih untuk jenis kurma yang dijual eceran tanpa dus tertutup biasanya cenderung lebih kotor karena lebih rentan terkena debu dan kotoran-kotoran lembut lainnya.

Dan satu merk kurma terpercaya saat ini adalah Date Crown yang diproduksi dari negara Uni Emirat Arab yang terdiri dari beberapa varian seperti kurma jenis Khalas, Lulu, Khenaizi, dll.

Silahkan klik disini untuk melihat produk ini di Tokopedia, atau klik disini untuk mencarinya di Lazada.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *