Categories
Belanja Online

Cara Memperbaiki Mobil Mainan SHP Toys Kawat Putus

cara memperbaiki mobil mainan shp toys kawat putus tidak bisa di setir

Mobil dorong mainan punya anak anda rusak meskipun baru beli beberapa hari atau beberapa minggu? begini cara memperbaiki mobil mainan SHP Toys tersebut agar bisa dipergunakan dan dinaiki oleh buah kesayangan anda lagi.

Pada contoh kasus yang akan kami share adalah mobil-mobilan mainan dorong merk SHP (Sinar Harapan Plastik) Toys tipe atau seri GCC 629 patroli Polisi yang berwarna putih.

Jenis kerusakan yang paling mungkin terjadi adalah tidak bisa di stir dari stick dorong belakang lagi, dan hal tersebut dikarenakan kawat penghubung yang menghubungkan stir dengan tongkat dorong belakang putus.

Apakah Mobil Dorong SHP Toys Tidak Awet?

Meskipun bisa dikatakan 90% terbuat dari bahan plastik, tapi jika dilihat dari model perakitannya, mobil-mobilan ini akan awet, dan yang paling rawan terjadi kerusakan hanya pada bagian tongkat dorong belakang yang terhubung ke setir depan saja.

Penyebab Mobil Mainan SHP Toys Menjadi Cepat Rusak?

Kesalahan pemasangan atau perakitan kawat yang menghubungkan tongkat dorong dengan setir depan adalah penyebabnya.

Pemasangan yang benar adalah baut tidak terlalu rapat agar kawat bisa lebih fleksibel bergerak ketika setir dibelokan ke kanan maupun ke kiri, karena jika kawat ini terlalu kaku akibat di baut rapat, maka akhirnya kawat akan putus tepat pada ujung dengan baut.

Jadi intinya, dan sekaligus menjadi tips agar mobil-mobilan merk SHP Toys ini awet adalah:

tips mobil shp toys awet

Seperti pada gambar diatas, pastikan mur pada ujung kawat harus selalu dalam kondisi longgar agar fleksibel bergerak ke kanan dan ke kiri sehingga tidak membuat kawat menjadi lebih cepat putus.

Cara Memperbaiki Mobil Mainan SHP Toys Tidak Bisa Disetir

Daripada membeli yang baru lagi, lebih baik perbaiki sendiri kerusakan tersebut karena caranya cukup mudah dan hanya membutuhkan biaya sekitar 5 ribuan rupiah saja.

Persiapan alat dan onderdil

Obeng plus (bisa menggunakan obeng yang biasa bonus bawaan dari setiap pembelian motor), palu berukuran agak besar, dan colokan bulat yang biasa dipergunakan pada aki motor, charger motor, dan lain-lain.

Jika anda bingung dimana tempat untuk membeli colokan bulatnya, anda bisa membelinya di bengkel motor atau toko penjual onderdil sepeda motor, atau untuk lebih mudahnya, anda bawa contohnya dari mobil-mobilnya tersebut.

Dan jika anda tidak menemukan yang sama persis, paling tidak anda akan ditawari seperti dibawah ini:

mur baut kawat mobil mainan

Dan jika yang ada dan di jual di toko atau bengkel tersebut seperti pada gambar diatas, maka hal tersebut tidaklah mengapa karena tetap bisa digunakan seperti yang sudah kami praktekan sendiri.

Lepas mur kawat dari mobil mainan untuk memudahnya pemasangan karena harus dipukul menggunakan palu atau martil hingga seperti gambar dibawah ini.

Pastikan kawat tersebut terhimpit dengan kuat dan tidak bisa lepas tertarik lagi, dan hal tersebut tergantung dari cara anda memukul dengan palunya.

Jika sudah, pasang kembali kawat tersebut namun posisinya berubah dari sebelumnya karena panjang kawat telah berubah menjadi lebih pendek akibat putus.

Pada lempengan besi tempat pemasangan terdapat 3 lubang yang pada semua kawat dibautkan pada bagian tengah, dan karena kawat yang sudah putuh menjadi lebih pendek, maka anda bisa membautnya pada lubang yang paling pinggir yang lebih mendekat.

Dan jika sudah, maka cara memperbaiki mobil mainan SHP Toys ini telah berhasil dan anak anda sudah bisa menaikinya kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *