Bayi Alergi Minyak Zaitun? Berikut Tips Menghindarinya

bayi-alergi-minyak-zaitun

Adakah kemungkinan bayi alergi minyak zaitun? jawabannya ternyata adalah ada. Dan kebetulan kami pernah mengalaminya sendiri ketika kami pergunakan Extra Virgin Olive Oil sebagai minyak pijat (baby spa) pada bayi kami yang berusia 4 bulan.

Selama ini minyak zaitun sudah dikenal dan dipercaya oleh banyak para orang tua untuk memenuhi kebutuhan seperti untuk minyak pijat, atau hanya sebagai kebutuhan minyak oles biasa sebagai tambahan nutrisi untuk kulit.

Hal tersebut lantaran sudah terbukti secara klinis bahwa dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin E yang cukup banyak dan juga beberapa jenis nutrisi lainnya yang mana dari beberapa vitamin jenis tersebut memang mempunyai dampak positif untuk kesehatan kulit.

Bayi Alergi Minyak Zaitun Kulit Ruam dan Merah-merah

Menurut istilah kedokteran, Alergi merupakan suatu kondisi ketika sistem imun atau kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan terhadap sesuatu yang biasanya tidak berbahaya.

Adapun sumber pemicu timbulnya kondisi alergi ini atau yang disebut sebagai alergen jenisnya bermacam-macam, seperti serbuk sari bunga, jamur, bulu binatang, makanan dan minuman tertentu, atau yang dalam kasus ini adalah minyak zaitun.

Dari apa yang sudah bayi kami alami setelah menggunakan minyak zaitun jenis Extra Virgin, dampak yang timbul akibat alergi ini adalah munculnya ruam-ruam pada bagian kulit yang diolesi tersebut. Dan hal ini terjadi setelah sekitar 2-3 jam setelah pemakaian.

Bayi Merasa Gatal Akibat Alergi Minyak Zaitun Ini?

Untuk bayi umur 4 bulan memang belum bisa ditanya dan menjawab pertanyaan sama sekali karena hanya baru bisa menangis dan mengeluarkan kata-kata yang belum jelas, namun dari apa yang kami pantau pada bayi kami, bayi tidak terlihat seperti menggaruk-garuk pada area kulit yang timbul ruam-ruam dan memerah tersebut.

Adakah Obat Bayi Alergi Minyak zaitun?

Jika dibawa ke dokter, mungkin dokter akan memberikan resep untuk meringankan gejala yang timbul akibat alergi tersebut, namun pada kasus kami, kami tidak membawanya ke dokter dan tidak pula memberikan obat apapun dan sembuh dengan sendirinya dan menghilang tanpa bekas dalam beberapa jam.

Hal yang perlu dilakukan ketika bayi anda mengalami kejadian seperti ini, sebaiknya adalah membuang dengan segera minyak zaitun pada kulit bayi dengan cara mengelapnya dengan air hangat menggunakan washlap.

Tips Aman Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Bayi

Jangan langsung mengoleskannya dalam jumlah banyak ke kulit bayi, tapi cobalah sedikit terlebih dahulu pada bagian kulit tangan atau kaki sebagai langkah awal untuk mengetes atau mengetahui apakah bayi anda alergi terhadap minyak ini atau tidak.

Atau untuk yang lebih aman, anda bisa menggunakan produk minyak zaitun yang memang sudah dibuat khusus untuk kebutuhan bayi seperti untuk pijat atau olesan.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *