Categories
Elektronik

Bahaya Windows Bajakan Karena Beli Laptop Non OS

bahaya windows bajakan beli laptop non os

Sudah tahukah kamu akan ciri-ciri dan bahaya Windows bajakan karena beli laptop non OS yang dibanderol dengan harga lebih murah? Jika melihat-lihat daftar laptop yang di jual di toko online, maka akan ada keterangan bahwa laptop tersebut non OS atau ada yang sudah termasuk Windows 10 dalam paket penjualannya.

Jadi buat kamu yang sebelumnya belum tahu dan paham apa yang di maksud laptop non OS, sekarang sudah paham kan bahwa non OS berarti tidak adanya OS Windows atau operating system dalam penjualan tersebut.

Dan biasanya untuk yang non OS maka akan tertera juga istilah Free DOS, dan DOS ini merupakan sistem operasi dasar (OS) dengan desain tampilan hitam seperti pada komputer zaman dulu sekali yang tentu susah dipergunakan untuk orang awam serta mempunyai tampilan dan juga fitur yang sangat terbatas.

Oleh karena itulah pada laptop tersebut harus di install OS Windows atau bisa juga Linux, tapi yang paling umum dan banyak dipergunakan adalah Windows 10.

Nah, untuk mendapatkan OS Windows 10 kualitas original atau yang asli harus merogoh kocek jutaan rupiah dan harga tergantung untuk versi Home atau Professional.

Oleh sebab alasan itulah, kebanyakan akhirnya membeli dvd kepingan Windows bajakan yang harganya hanya 25 sampai 50 ribuan saja.

Perbedaan Windows Asli (Ori) dengan Windows Bajakan

tampilan windows 10 asli

Bagi pengguna awam mungkin tidak tahu ciri-ciri dan dapat merasakan perbedaannya karena memang belum tahu keseluruhan fitur dari Windows itu sendiri, akan tetapi akan ada potensi bahaya dari windows bajakan yang timbul di kemudian waktu.

Dan bagi orang yang menggunakan laptop atau komputer untuk kebutuhan penting seperti melakukan transaksi keuangan dan pembelian serta pembayaran online menggunakan data bank atau kartu kredit, tentu hal ini akan sangat berbahaya dan dapat berpotensi menimbulkan kerugian yang besar.

5 Bahaya Menggunakan Windows Bajakan Pada Laptop Non OS

Terlepas harga murah Windows bajakan berikut ini adalah bahaya yang bisa timbul akibat menggunakannya.

1. Bahaya Windows Bajakan Membuat Kinerja Laptop Tidak Optimal.

Karena tidak bisa melakukan validasi ke server pusat Windows, maka secara otomatis tidak bisa mendapatkan update atau pembaruan sistem dari server perusahaan pembuatnya (Microsoft), maka kinerja dari sistem operasi tersebut tidak se optimal jika dibandingkan dengan yang ori yang selalu mendapatkan update untuk perbaikan.

2. Data Pengguna Menjadi Tidak Aman.

Yang kami maksud data disini adalah data-data penting pengguna yang bersifat sensitif seperti data kartu kredit atau data user name dan password di akun online penting lainnya.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran tidak jelasnya asal asul atau sumber darimana file OS bajakan didapatkan pada awalnya. Dan tentu saja kita tidak tahu jika seandainya file tersebut sudah disusupi program jahat mata-mata.

3. Rentan Terkena Virus dan Spyware, atau Varian Malware Lainnya.

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa salah satu kekurangan dari Windows bajakan tidak pernah mendapatkan update dan perbaikan sistem. Maka  dari itu akan rentan sekali terhadap serang dari virus, spyware, malware dan jahat program jahat lainnya.

4. Bisa Terkena Razia Karena Pelanggaran hukum.

Bahaya laptop windows bajakan dalam hal pelanggaran hak cipta di Indonesia memang tidak separah seperti di negara-negara maju dimana penindakan terhadap pengguna OS bajakan jauh lebih tegas.

Tapi tidak juga menutup kemungkinan suatu saat akan terkena razia yang akan mengakibatkan denda dan juga pidana karena termasuk pelanggaran hukum hak cipta.

5. Berpotensi Merusak Hardware Laptop.

Menginstall OS bajakan di laptop bisa saja berpotensi membuat hardware dalam laptop tersebut menjadi rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena ketidak optimalan pada sistem dan juga program-program yang ada didalamnya.

Dan bagian komponen yang biasanya lebih cepat terkena dampaknya adalah baterai, dan bisa juga ke bagian hardisk atau kebagian lainnya.

Demikian beberapa contoh bahaya laptop windows bajakan dan juga dampak yang bisa ditimbulkan dari membeli laptop non kemudian di install dengan OS Windows bajakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *